Tempat Wisata di Cianjur merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang berbatasan dengan banyak kabupaten, seperti Bogor, Bandung, Bandung Barat, Purwakarta bagian utara, Garut bagian Timur, Samudera Hindar di bagian selatan dan Kabupaten Sukabumi di bagian Barat. Akibat berbatasan dengan banyak wilayah tersebut, terdapat banyak tempat wisata di Cianjur yang sangat menarik untuk dikunjungi dan sangat sayang untuk dilewatkan. Apa saja tempat wisata di Cianjur yang sayang untuk dilewatkan? Simak ulasannya berikut ini!

 

Curug Citambur

 

curug citambur cianjur

Terletak di desa Karang Jaya, Kec. Pasirkuda, Cianjur Selatan, Jawa Barat, Curug Citambur merupakan salah satu tempat wisata di Cianjur yang memiliki panorama keindahan alat yang luar biasa. Memiliki ketinggian sekitar 100 meter, tempat wisata ini memiliki beragam keunikan seperti timbulnya uap air seperti kabut tipis akibat debit air yang sangat deras dan berlimpah. Namun tidak apa-apa, karena uap tersebut memberikan efek kesejukan untuk sekitarnya.

Apabila Anda berada di sekitaran curug dapat dipastikan akan langsung merasakan deburan air yang menghembus kencang bak sebuah kabur segar yang akan membuat baju Anda sedikit basah. Bagi Anda yang ingin mengunjungi Curug Citambur, maka waktu terbaik untuk berkunjung ke salah satu tempat wisata di Cianjur ini adalah ketika musim penghujan. Mengapa? Karena debit air akan lebih deras dan pemandangan alam sekitar curug akan lebih hijau dari sebelumnya. Tentunya panorama alam seperti itu sangat sayang untuk dilewatkan.

 

Wachi Cianjur

 

Wachi Cianjur

Berada di desa Pagermaneuh, Kec.Tanggeung, Cianjur, Jawa Barat, Wachi Cianjur merupakan destinasi wisata yang baru diresmikan pada tahun 2018 lalu. Wachi merupakan singkatan dari wisata alam celak indah dan merupakan salah satu tempat wisata di Cianjur yang menawarkan pemandangan alami alam yang dapat dilihat dari ketinggian. Bagi Anda yang ingin menikmati panorama alam yang indah ini harus menaiki puncak bukit agar bisa melihat langsung lembah-lembah yang penuh dengan kabut. Di puncak bukit terdapat spot foto bagi Anda para pecinta foto yang instagramable. Jadi, pastikan kamera ponsel Anda bisa menghasilkan gambar yang bokeh maksimal.

 

Curug Cibeureum

 

Curug Cibeureum di cianjur

Terletak di desa Sindangjaya, Kec. Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, Curug Cibereum merupakan curug yang terbagi menjadi tiga air terjun. Satu air terjun utama dan dua air terjun lainnya merupakan Curug Cidendeng dan Curug Cikundul. Curug Cibeureum merupakan air terjun terbesar dan paling pendek di Cianjur. Posisinya yang lebih terbuka dan dekat dengan shelter membuat tempat wisata di Cianjur ini selalu ramai dikerumunin pengunjung.

Nama Cibeuereum sendiri berasal dari bahasa Sunda yang artinya sungai merah, dimana nama tersebut berasal dari nuansa sunda dari dinding tebing yang terbentuk akibat adanya lumur merah yang tumbuh di sekitar air terjun.

 

Pantai Apra Cianjur

 

Pantai Apra Cianjur

Berada di Saganten, Sindangbarang, Cianjur, Jawa Barat, pantai Apra sama seperti pantai Selatan yang ada pada umumnya, memiliki ombak yang besar dan berangin kencang. Namun apa yang membuat salah satu tempat wisata di Cianjur ini sayang untuk dilewatkan? Pertama, karena ombaknya yang besar dan sangat cocok untuk berselancar. Sementara yang kedua yaitu sangat cocok untuk menanti sunset di sore hari.

Biasanya banyak pengunjung yang datang di sore hari untuk menikmati panorama matahari terbenam yang sangat instagramable. Ketika Anda berkunjung pada waktu malam Minggu, maka pantai ini sangat ramai dikunjungi oleh para kaula muda untuk nongkrong bersama teman atau sekadar menikmati sunset. Pantai Apra bisa dibilang sebagai salah satu tempat wisata di Cianjur yang Instagramable.

 

Curug Ciismun

 

Curug Ciismun cianjur

Terletak di desa Sindangjaya, Kec. Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, Curug Ciismun memiliki ketinggian yang mencapai 25 m dengan lebar sekitaran 5 m. Air curug in juga berada pada ketinggian 1275 mdpl yang membuat udara di sekitarnya sangat sejuk dan airnya yang sangat dingin. Tak hanya bisa menikmati air yang segar saja, curug ini juga menjadi salah satu tempat wisata di Cianjur yang Instagramable karena banyak digunakan untuk hunting foto-foto bagus.

Tidak hanya fotografer professional saja yang datang ke salah satu tempat wisata di Cianjur ini, tetapi para penjelajah alam juga demikian. Mereka mengunjungi Curug Ciismun lantaran ingin mengabadikan foto-foto bagus yang sayang untuk tidak dibagikan di linimasa media sosial pribadi mereka.

 

Pantai Lugina Cianjur

 

Pantai Lugina merupakan tempat wisata di Cianjur yang sangat tidak boleh dilewatkan untuk dikunjungi. Terletak di desa Wanasari, Agrabinta, Cianjur, Jawa Barat, pantai ini belum banyak terjamah manusia dan belum terlalu populer. Namun pemandangan yang dimiliki sangat-sangat menyejukkan mata. Salah satunya yaitu pemandangan sunsetnya yang begitu menawan mata. Terlebih lagi, ketika Anda berada di atas bukit, maka salah satu sudutnya dapat menghasilkan foto yang sangat instagramable.

Kalau Anda mengunjungi salah satu tempat wisata di Cianjur ini pada waktu akhir pecan, maka pengunjungnya akan sangat ramai. Sebab, mereka selalu berdaatang untuk menikmati panorama cantik di bibir pantai yang disinari oleh cahaya merah pada saat sunset tiba.

 

Curug Cikondang

 

Curug Cikondang

Letaknya yang berada di Wangunjaya, Cempaka, Cianjur, Jawa Barat, Curug Cikondang terletak di antara hamparan kebun the  dan terasering sawah yang sangat hijau sejauh mata memandang, Ketinggian air terjun ini mencapai 50 meter dan mata airnya juga bukan berasal dari air mata asli, melainkan tumpahan dari sungai yang jatuh dari tebing besar. Curug Cikondang merupakan tempat wisata di Cianjur yang cukup besar dan sangat indah serta pastinya sayang untuk dilewatkan ketika mengunjungi Cianjur.

 

Pantai Jayanti

 

Wisata di cianjur - pantai jayanti

Berada di desa Cidamar, Kec. Cidaun, Cianjur, Jawa Barat, pantai Jayanti merupakan tempat wisata di Cianjur yang memberikan berjuta keindahan yang sangat asri dan alami sebab belum banyak terjamah oleh tangan-tangan manusia. Namun siapa sangka, jika pantai yang jarang dikunjungi ini berada dengan jarak sekitar 139 km dari pusat kota Cianjur ternyata memiliki hamparan pasir putih yang cukup panjang dengan deburan ombak yang menyejukkan mata? Tidak hanya keindahan hamparan pasir putih yang dipadukan deburan ombak saja, di pantai Jayanti, Anda juga bisa menemukan panorama sunset yang tidak kalah cantiknya. Anda yang melewatkan salah satu wisata di Cianjur ini dijamin akan sangat menyesal.

 

Telaga Biru

 

Letaknya yang berada di wilayah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Telaga Biru hanya berjarak sekitar 1,5 km dari pintu masuk Cibodas. Tidak hanya itu, destinasi wisata di Cianjur ini juga bisa langsung ditempuh dalam sekitar setengah jam saja dari pintu masuk Cibodas. Disebut Telaga Biru karena air yang di dalam telaga kecil dengan ukuran lima hektar ini selalu berubah warnanya secara dramatis. Dan perubahan tersebut akan tergantung pada pertumbuhan alga yang hidup di dalam telaga. Telaga Biru yang terletak di ketinggian 1115 dpl tersebut biasanya akan berubah warna cokelat, biru atau hijau.

 

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

 

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) adalah salah satu taman nasional yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Ditetapkan pada tahun 1980, taman nasional ini merupakan salah satu yang tertua di Indonesia. TN Gunung Gede Pangrango terutama didirikan untuk melindungi dan mengkonservasi ekosistem dan flora pegunungan yang cantik di Jawa Barat. Dengan luas 24.270,80 hektare, wilayahnya terutama mencakup dua puncak gunung Gede dan Pangrango beserta tutupan hutan pegunungan di sekelilingnya. (Source: Wikipedia -Taman Nasional Gunung Gede Pangrango)

Itulah tadi Sembilan destinasi wisata di Cianjur yang pantang untuk dilewatkan. Jika datang ke Cianjur, jangan lupa untuk mengunjungi salah satu di antaranya lalu lepaskan seluruh kepenatan Anda di sana. Selamat berlibur!